P

ada masa lalu di sebuah negeri yang jauh, ada seorang Tsar yang memiliki kebun buah-buahan yang luar biasa. Tetapi, setiap malam seekor burung api ivan.jpgakan mendarat di salah satu pohon apel terbaik Tsar dan terbang sambil membawa beberapa apel emas. Tsar memerintahkan tiga anaknya berjaga bergantian untuk menangkap burung api hidup-hidup.

Dua anak tertua tertidur saat giliran jaga. Anak termuda, Ivan, melihat burung api dan berhasil menangkap ekornya, tetapi burung itu berhasil menggeliat dan lolos dari tangkapan Ivan, sehingga yang tertinggal hanyal bulu merah menyala. Tsar kemudian memerintahkan anaknya untuk menemukan burung api.

Ivan, dibantu oleh serigala abu-abu yang telah membunuh kudanya. Bantuan serigala itu merupakan tanda penyesalannya, mereka tidak hanya mendapatkan burung api tetapi juga kuda yang indah dan seorang puteri bernama si cantik Elena. Ketika mereka tiba di perbatasan kerajaan Ivan dan Elena berhenti untuk beristirahat. Saat mereka tidur, dua saudara Ivan, kembali dari tugas mereka yang gagal, datang melintasi mereka dan membunuh Ivan, mengancam akan membunuh Elena jika menceritakan apa yang terjadi.

Ivan meninggal dunia selama tiga puluh hari sampai serigala abu-abu menghidupkannya kembali dengan air kematian dan air kehidupan. Ivan kembali ke istananya pada saat hari pernikahan si cantik Elena dan saudara Ivan. Tsar meminta penjelasan dan Elena menceritakan yang sebenarnya. Tsar sangat marah dan melemparkan dua saudara Ivan ke penjara. Ivan dan si cantik Elena menikah, mewarisi kerajaan, dan hidup bahagia selamanya.